Jumat, 15 Oktober 2010

Soes Klasik



Nah.. ini ceritannya lagi bikin soes yang lumayan banyak dari Ibu Tery buat acara di gerejanya.. lumayan pegel juga nih tangan spuit-in adonan soes 250 biji.. :), karena sempet ngangur nungguin oven , akhirnya jepret2 in aja dulu soes yang nunggu antrian.. *dapet nomor berapa buuu.. ??
Yang diatas adonan mentah or 1/2 mateng yah.. kan yg mentah telor nya aja.., adonannya kan udah direbus.. ? baiklah..nanti kita tanyakan :)


Yang ini sudah mateng..*blink..blink , mumbul2 banget yak.. aku oven sekitar 30 menit dengan panas 200 derajat. Untuk terigunya aku lebih cocok dengan campuran terigu serbaguna + protein tinggi. Jadinya kokoh tapi lumayan lembut.. detailnya sbb
Kulit Soes
200 ml air
140 mentega / margarine
1 sdm gula pasir ( kalo mo isi gurih , gulanya di skip aja )
100 gr terigu serba guna ( aku pake segitiga )
50 gr terigu protein tinggi ( aku pake cakra )
3 butir telur
1 kuning telur
Caranya :
1. Rebus air dan mentega sampe mendidih, masukkan terigu yang sudah di campur + gula.
2. Aduk2 terus di atas api kecil sampe adonannya kalis ( kalo aku sekitar 7-10 menit ) , supaya nanti soesnya gak bau terigu dan bisa ngembang.
3. Angkat , dinginkan. masukkan telur ketika adonan hangat dan mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata.
4. Semprotkan adonan soes ke atas loyang yang di semir margarin + lapisan tepung tipis ( kalo aku pake baking paper aja.. *pemalaaaas.. )
5. Masukkan adonan ke dalam oven yg sudah panas ( sekitar 200 derajat ), dan tunggu sampai soesnya terlihat kecoklatan dan tak berbuih ( kalo oven ku sekitar 30 menit )
6. Angkat dan dinginkan diatas rak, tusukan garpu ke body nya biar uap panasnya hilang.

Vla Vanilla
25 gr tepung custard
25 gr maizena
2 butir kuning telur
750 cc susu UHT plain
100 gr gula pasir
1 sdm vanilla extract ( kalo mo ganti rum juga boleh )
Caranya :
1. Didihkan susu + gula
2. Masukkan larutan tepung custard + maizena + kuning telur + sebagian susu cair dan aduk cepat. Masukkan vanilla extract.
3. Dinginkan
Konsistensi dari vla ini gak terlalu kental, karena aku lebih suka yang lembut2 seperti diriku.. * sipirillii..

0 komentar:

Posting Komentar

 

ovenjulie Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice