Selasa, 27 April 2010

Chiffon Strawberry



Udah seminggu yang lalu aku ke banjiran strawberry, dalam arti kalap waktu beli xixixi.., di toko buah langganan waktu itu lagi ada sale, beli 1 box dapet 3 box !! waahhh... mak-mak mana yang gak ngiler.. langsung beli 4 box dapet 12 box !! ( *mata berbinar-binar..)

Udah segala macem di bikin pake tabui ( cara Josephine menyebut strawberry ), di campur susu, yogurt, dibuat puding, campuran buat tiramisu. Nah sekarang di buat campuran chiffon


Mumpung di millis NCC lagi chiffon week, ya sud lah.. lumayan buat setoran, sekalian buat sarapan pagi. Texture kue ini sangat lembuuut banget, sampe anakku Timmy bilang " Mama kue kapasnya enak yah.., aku gak kenyang-kenyang.." xixixi.. emang aku pake resep ini baru sekali, kebetulan ada di buku resep Cake & Pastry dari Yasaboga.

Menurutku terlalu lembut, dan terlalu manis. kalau gak suka terlalu manis , gulanya bisa di kurangi sampe 50 gr. Resepnya seperti ini :

Chiffon Strawberry

Bahan A

5 kuning telur

150 gr gula castor

200 gr tepung terigu

1 sdt baking powder

1/2 sendok teh soda kue

1/2 sendok teh pewarna merah ( aku pake red red wilton )

100 cc minyak salad

100 gr strawberry segar + 50 cc air --> blender dan saring

Bahan B

7 putih telur

100 gr gula castor

1/2 sdt cream of tar-tar

Caranya :

1. Letakkan campuran tepung terigu , baking powder, soda kue dan gula castor dalam sebuah mangkok adonan, buat lubang di tengahnya.

2. Tuangkan kuning telur, minyak salad, dan bahan lain ( jika ada) ke dalam lubang tersebut . Aduk campuran ini sambil dituangi sari strawberry sampai adonan menjadi licin

3. Masukkan 1/3 bagian demi 1/3 bagian adonan putih telur ke adonan kuning telur dan terigu sambil diaduk perlahan hingga rata.

4. Tuang dalam loyang chiffon, panggang dalam oven 160* -/+ 60 menit.

0 komentar:

Posting Komentar

 

ovenjulie Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice