Senin, 12 April 2010

Roti Boy topping coklat




Hmm.. roti boy, siapa yang gak kenal. Lembut, buttery, and harum moccanya yang semerbak. Tapi kali ini aku bikin topping coklat i/o mocca ( or coffee ). Resep aku dapet dari buku 52 kue popular , yang resepnya hampir semua dah aku coba, tp baru ini yang ketangkep kamera..hihihi.. tar kalo bikin yang lain aku share yah.., Resepnya ada di bawah..


Adonan ditimbang @60gr, istirahatkan 10 menit lagi

Kempiskan adonan isi dengan salted butter @10gr
Bulatkan lagi n istirahatkan 45 menit lagi :)

Semprot topping ke atas roti ( aku suka yg rada tebel..hihihi)


Roti Kopi Special ala Roti Boy
Bahan Roti :
500 gr tepung terigu protein tinggi ( aku pake cakra kembar )
23 gr susu bubuk ( aku pake Dancow )
1 bks ragi instant ( aku pake fermipan )
50 gr gula pasir ( aku pake gulaku bungkus hijau )
2 butir telur
220 ml air ( aku pake hangat2 kuku )
75 gr salted butter ( aku pake orchid kotak merah )
1 sendok teh garam

Bahan Isi :
160 gr mentega asin ( bagi @ 10gr) simpan di freezer
Bahan Topping :
75 gr mentega tawar ( aku pake anchor kebetulan ada di kulkas )
100 gr gula tepung
1 sdm coklat bubuk ( aku pake bensdrop )--> resep asli 1 sdm kopi instant
1 butir telur
75 gr tepung terigu protein rendah ( aku pake kunci biru )
20 gr susu bubuk ( pake Dancow juga )
1 sdt coklat pasta ( aku pake toffieco )-->
resep asli 1/4 sdt essens coffeenoir
Cara Membuat :
1. Roti, uleni terigu, susu bubuk, ragi instant, gula pasir,telur, dan air sedikit2 sampe kalis
( kalo aku masukin semua dalam mixer KA ku n pake speed 1 sampe kalis )
2. Masukkan mentega asin ( salted butter ) n garam, uleni lagi sampe elastis
( kalo dibentangkan gak putus ). Diamkan 30 menit.
3. Topping, kocok mentega tawar, gula, tepung dan coklat bubuk 15 detik tambahkan telur
n kocok lagi sampe rata.
4. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak n diaduk rata. Tambahkan coklat
pasta. Aduk rata. Masukkan ke dalam plastic segitiga. Sisihkan.
5. Kempiskan adonan, timbang @ 60 gr. Bulatkan. Diamkan 10 menit. Kempiskan adonan.
Isi dengan mentega asin. Bulatkan. Diamkan 45 menit.
6. Semprotkan topping ke atas roti. Oven 13 menit , suhu 190 derajat celcius.

0 komentar:

Posting Komentar

 

ovenjulie Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice